Wednesday, July 11, 2018

Perbezaan Batu Permata Asli dan Palsu

  • Serat Alami
Batu permata terbentuk secara alami melalui proses geologis. Itulah mengapa, jika diterawang, batu permata akan menampakkan serat-serat alami batuan. Berbeda halnya dengan batu permata palsu yang biasanya bening seperti kaca.
Agar lebih mudah saat mengamati serat batuan, Anda bisa menyorotkan senter kecil dari bawah batu. Setelah itu, letakkan kaca pembesar di atas batu. Jika serat batuan sudah tampak, dapat dipastikan bahwa batu permata tersebut asli. Sebaliknya, jika yang Anda lihat adalah gelembung-gelembung kecil, itu berarti batu permata tersebut hanya imitasi.
  • Keras
Batu permata asli memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Bahkan, batu permata bisa dengan mudah menggores benda-benda lain. Untuk memastikan bahwa batu permata tersebut asli, Anda bisa mencoba untuk menggigitnya. Jika gigitan tersebut meninggalkan goresan pada batu atau  membuat batu pecah, itu berarti batu permata tersebut palsu.
Untuk ukuran batu permata yang cukup kecil, Anda bisa memeriksa tingkat kepadatannya dengan jarum. Goreskan jarum kuat-kuat pada batu permata. Apabila Anda tidak menemukan goresan pada batu, itu berarti batu permata tersebut asli.
  • Dingin
Cara membedakan batu permata asli dengan yang palsu berikutnya adalah dengan menempelkannya ke pipi. Batu permata asli akan terasa dingin di kulit.
Batu permata juga tahan terhadap panas atau dingin. Anda bisa mengetesnya dengan cara membakar batu dengan korek api. Batu permata palsu bisa rusak, pecah, atau retak, tetapi batu permata asli akan tetap utuh meskipun dipanaskan pada suhu tinggi.
Terkadang, batu permata yang dibakar dalam waktu yang agak lama akan berubah warna menjadi agak kecokelat-cokelatan. Namun hanya dengan mengusapnya, batu permata asli akan segera kembali ke warna semula. Sebaliknya, noda bekas terbakar pada batu permata palsu tidak akan pernah bisa hilang meskipun batu sudah dicuci.
  • Berat Jenis
Dibandingkan dengan yang imitasi, batu permata asli memiliki berat jenis yang lebih tinggi. Saat dipegang, batu permata asli akan terasa lebih berat, sedangkan yang palsu cenderung lebih ringan. Namun, untuk memastikannya Anda bisa memasukkan kedua batu tersebut ke dalam air. Batu permata asli akan tenggelam, sementara yang palsu akan mengapung.
  • Indeks Bias
Tidak seperti kaca, batu permata umumnya memiliki indeks bias cahaya yang besar sehingga tidak bisa tembus pandang. Untuk menguji keasliannya, Anda bisa meletakkan sobekan koran di bawah batu permata. Apabila tulisan di koran tersebut dapat Anda lihat dari atas batu, kemungkinan besar batu tersebut palsu.
Demikianlah cara membedakan batu permata asli dengan batu permata palsu yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Agar semakin jelas dan tepat, uji coba langsung keaslian batu permata di makmal.

.................................................................

Selain itu juga untuk menguji batu-batu mulia palsu atau asli ada berbagai macam cara yang agak sulit diperhatika oleh orang-orang awam bahkan ahli. akan tetapi, ada macam ujian yang sederhana. perhatikan batu-batu mulia itu pada urat-urat alami yang tampak, sedangkan untuk menguji batu Zamrud atau batu emerald yang hijau harus menggunakan emerald filter. Dengan alat ini orang dapat dengan cepar mengetahui apakah Zamrud itu palsu atau asli. Dalam teropong dengan filter itu, zamrud yang tulen tampak merah, sedangkan kalau batu biasa yang di hijaukan tetap hijau.

No comments:

Post a Comment

Apa itu Aqeeq Yaman?

  Apa itu Aqeeq Yaman?  Agate (Aqeeq al-Yemeni), adalah versi quart yang metamorfosis dan keras yang telah terkenal sebagai batu permata di ...